Facebook

Kamis, 12 Oktober 2017

Tim Gabungan Dikerahkan Merehabilitasi Jalinbar yang Putus

Petugas BPBD Pesisir Barat saat mengevakuasi masyarakat, akibat jalinbar yang terputus, Kamis (12/10/2017). (Foto:Dok.Ditlantas Polda Lampung).

KRUI (Lampost.co)--Upaya rehabilitasi jalan lintas barat Jalur lintas barat (Jalinbar) di Kilometer 20 Pekon Mandiri Sejati, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, yang terputus akibat banjir dan longsor, mulai dilakukan. Bahkan diusulkan untuk dibangun jembatan di lokasi yang terputus itu.

Pemantauan Lampost.co di lokasi longsor, volume putusnya jalinbar itu diketahui kurang lebih sepanjang 50 meter, dengan kedalaman 8 meter. Terlihat seluruh petugas mulai dari Kepolisian Resort Lambar, TNI Lambar, BPBD Pesisir Barat, Dishub dan Satpol-PP setempat, berada di lokasi guna melakukan evakuasi dan pengamanan terhadap korban didaerah setempat.

Sekitar pukul 08.30 WIB, Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina melihat ke lokasi kejadian jalan rusak itu, yang sebelumnya Sekkab Azhari lebih dahulu telah berada di lokasi kejadian tersebut.
Sekkab Azhari mengatakan pihak Pemkab Pesisir Barat bar telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung atas kejadian yang saat ini terjadi di Pesisir Barat. Dan juga sebagai bentuk penanggulangan bencana pertama, Pemkab Pesibar telah memerintahkan Dinas Sosial, BPBD, dan SKPD terkait untuk memberikan bantuan terhadap warga yang menjadi korban banjir.

Wakil Bupati Pesibar Erlina (tengah) dan rombongan saat meninjau  ke lokasi jalan yang putus di Pekon Mandiri Sejati, Kecamatan Krui Selatan, Pesisir Barat, Kamis (12/10/2017).(Foto:Lampost/Deta Citrawan)


Wakil Bupati mengatakan Pemkab Pesisir Barat telah lakukan komunikasi dengan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V Wilayah Sumsel di Lampung, untuk membangun jembatan semantara dilokasi tersebut.

“Pemkab sudah lakukan komunikasi dengan BBPJN V agar di lokasi dapat dibangun jembatan sebagai akses jalur sementara agar tidak lumpuh total. inshaAllah dalam beberapa hari kedepan dapat dilaksanakan.” Ujarnya kepada Lampost.co, Kamis (12/10/2017), sekitar pukul 14.30 WIB.
Dan kepada korban banjir yang juga menimpa warga di daerah setempat, Erlina telah memerintahkan dinas terkait untuk dapat memberikan bantuan sementara terhadap korban banjir.

“BPBD agar dapat memberikan bantuan kepada mereka (warga), sebab bencana ini tidak kita prediksi sehingga penangganan cepat tenggap yang dapat kita lakukan.” Jelasnya.

Pihaknya juga mengiimbau kepada warga Pesisir Barat untuk berhati-hati sebab saat ini curah hujan yang cukup tinggi dapat menimbulkan bencana lainnya, dan juga Pesisir Barat merupakan daerah yang rawan akan bencana.

Sumber : https://goo.gl/xNSvrC

0 komentar:

Posting Komentar