Facebook

Selasa, 22 Agustus 2017

Yonif-7 Marinir Sasar Program Lamtera di Pulau Tegal

Yonif-7 Marinir melakukan pemasangan lampu dalam program Lamtera di Pulau Tegal, Pesawaran, Senin (21/8). (Foto:Dok.Yonif-7 Marinir)

PESAWARAN (Lampost.co0-- Dalam rangka pembinaan desa pesisir Segenap Prajurit Batalyon Infanteri-7 Marinir membantu pemasangan lampu hemat energi Program Lamtera ( Lampu Tentara Rakyat) di Pulau Tegal wilayah Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan  Kabupaten Pesawaran.

Pulau Tegal selama ini dikenal sebagai salah satu Destinasi wisata indah di Lampung. Pulau dengan luas sekitar 98 hektare dan dihuni tidak kurang dari 35 Kepala keluarga (KK) merupakan wilayah Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran'. Dengan tingkat penghasilan rendah, rata - rata penduduknya berprofesi sebagai nelayan tradisional dan buruh.

Danyonif-7 Marinir Letkol Mar Profs Dhegratmen S.A M.Tr Hanla , M.Tr Han menyampaikan, Senin (21/8), mengatakan Program Lamtera itu dikhususkan bagi warga yang belum pernah mendapatkan suplai arus listrik. Menurutnya, lampu hemat energi tersebut dioperasikan dengan tenaga baterai atau accu, dan penggunaannya sangat sederhana dan murah.

“Harapan kami Program Lamtera ini dapat membantu masyarakat, sehingga malam harinya mereka dapat menikmati penerangan. Hanya saja, ini diperuntukkan khusus membantu penerangan dan tidak dapat dipakai untuk menyalakan televisi, kulkas dan barang elektronik lainnya. Setiap rumah bisa dipasang lima lampu, untuk accu yg tersedia dapat bertahan selama 1 bulan," ujarnya.

“Kami menaruh prihatin terhadap kondisi rumah warga yang belum dialiri listrik. Selain Pulau Tegal ,  kami juga akan merealisasikan program ini ke Desa Sukajaya Punduh, Desa yang juga sebagian rumah Masyarakatnya belum teraliri listrik, " ujarnya.

 Program Lamtera merupakan program alternatif hemat energi yang diciptakan oleh Ujang Koswara yang telah menemukan 70 penemuan listrik baru. Lampu hemat energi ini berupa bohlam LED terangnya setara bohlam 10 Watt konvensional yang sumber kelistrikannya dari accu. bisa menerangi sampai satu bulan dengan menggunakan lima bola lampu khusus yang bisa tahan sampai 8 tahun, mampu  dihidupkan dari malam sampai pagi. Setiap bulannya warga hanya mengeluarkan biaya 20 ribu rupiah, untuk menambah daya baterai.

Letkol Profs juga menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu program ini , yaitu kepada UPZ ( Unit Pengumpul Zakat ) Mabes TNI, Brigif-3 Marinir dan Baznas ( Badan Amil Zakat Nasional yang telah mensuport kegiatan ini hingga terlaksana dengan sukses dan Lancar.

Turut hadir dalam acara seremonial program Lampu Tentara Rakyat. Sekretaris Bintal  Mabes TNI . Kolonel M. Zaid, Wadan Brigif-3 Marinir, Letkol Mar Sulistyo, Bupati Pesawaran diwakili Camat Teluk Pandan Yuliardi  ,Danramil Padangcermin Kpt Ropi i, Kapolsek Padang Cermin Akp Rusli,  dan tokoh masyarakat lainya.

sumber : https://goo.gl/sgDN4F

0 komentar:

Posting Komentar