Facebook

Senin, 28 Agustus 2017

Rizky Pancanov Raih Penghargaan Saidatul Fitriah 2017

Pemberian penghargaan Saidatul Fitriah 2017 dari Oyos Suroso kepada Rizky Pancanov dari Radar Lampung di Kafe Dawiels Bandar Lampung, Minggu (27/8/2017). Lampost.co/Firman Luqmanulhakim

BANDAR LAMPUNG (Lampost.co) -- Penghargaan Saidatul Fitriah tahun 2017 jatuh kepada Rizky Pancanov dari Radar Lampung dengan karya jurnalistik berjudul Fenomena Bisnis Surat Rehabilitasi Narkoba.

Salah satu juri Saidatul Fitriah 2017, Oyos Saroso mengatakan penilaian peserta bukan hanya pada tulisan straightnews namun liputan mendalam investigatif menjadi nilai tambah. "Semoga kedepan dapar membuat karya lebih baik melalui medianya yang berdampak untuk publik. Kami memilih berdasar pada isu yang diangkat berdampak bagi publik," kata Oyos kepada Lampost.co, Minggu malam (27/8/2017). (berita lampung)

Oyos juga mengatakan dari beberapa nama yang diusulkan panitia dan masyarakat untuk meraih Kamaroedin Award tim juri tidak menemukan tokoh yang masuk kriteria sehingga penghargaan tahun ini ditiadakan. "dari nama yang diusulkan tidak masuk kriteria. Sepak terjang tokoh yang diajukan belum terlihat perannya untuk kebebasan pers, HAM, dan demokrasi," pungkasnya.

Rizky Pancanov yang akrab disapa Anca mengaku tak menyangka meraih penghargaan ini. "Gak nyangka menang, terima kasih AJI Bandar Lampung yang sudah menghargai karya jurnalis ini kerja tim untuk membuat perubahan di masyarakat Bandar Lampung," jelasnya.

Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung, Padli Ramdan mengatakan penghargaan liputan terbaik Saidatul Fitriah 2017 dan Kamaroedin Award menutup rangkaian acara HUT ke-23 AJI di Kota Tapis Berseri. Sebelumnya pihaknya menggelar nonton bareng dan diskusi film jurnalistik pada 26 Agustus, Media dan sanitasi berbasis masyarakat pada 19 Agustus 2017, dan Diskusi Media Kritis, Pilkada Demokratis 26 Agustus 2017.

"Beberapa kegiatan sudah terlaksana dengan baik khususnya acara media dan pilkada. Di mana kami berharap peran media yang lebih menyoroti rekam jejak para kandidat calon," kata Padli.
Padli juga berharap karya jurnalistik yang berdampak untuk masyarakat semakin banyak. "Harapannya semakin banyak jurnalis ikut membuat karya jurnalistik yang berdampak untuk masyarakat banyak," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT AJI, Andi Apriyadi berharap tahun depan jumlah karya yang masuk semakin banyak dan bervariasi. "Alhamdulillah acara sukses dan semoga kedepannya jumlaj karya yang masuk bisa lebih dari ini. Karya jurnalistik yang masuk tahun ini juga lebih banyak dibandingkan tahun lalu," kata Andi.

Variasi karya jurnalistik diharapkan muncul dari media televisi dan radio seperti tahun sebelumnya. "Untuk tahun ini tidak ada karya jurnalistik dari media televisi dan radio. Kami berharap tahun depan ada variasi. Tahun ini kebanyakan media cetak dan online," jelasnya.

Acara malam puncak disemarakkan dengan penampilan indie band Lampung, Holaspica yang membawa lagu lagu bertema perjuangan dan anak muda. Juga penyampaian orasi dan pembacaan puisi oleh budayawan dan seniman Lampung.

Sumber : https://goo.gl/mU1iEK

0 komentar:

Posting Komentar