Facebook

Selasa, 24 Oktober 2017

98% Posyandu di Lampung Utara Belum Punya Gedung

Ilustrasi gedung posyandu. www.dakta.com

KOTABUMI - Sekitar 98% posyandu di Kabupaten Lampung Utara belum memiliki fasilitas gedung khusus guna melakukan pelayanan bagi bayi maupun balita dan ibu hamil. Sejauh ini, pelayanan kader posyandu masih menumpang di rumah warga maupun balai desa.

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Utara Daning Pujiarti, di ruang kerjanya, Selasa (24/10), mengatakan dari 632 unit posyandu tersebar di 247 desa/kelurahan di 23 kecamatan se-Lampura.

Hanya sekitar 30 unit posyandu memiliki gedung sendiri beserta fasilitasnya, baik alat timbang maupun mebel. Sisanya 602 unit posyandu belum memiliki gedung sendiri sehingga alat timbang bagi bayi maupun balita beserta mebelnya mesti di pindah-pindah ke rumah warga maupun di balai desa setempat.

"Dari 632 unit posyandu, hanya ada 30 unit posyandu atau sekitar 2% yang memiliki fasilitas gedung sendiri yang merupakan bangunan eks proyek PNPM dan 602 unit sisanya masing menumpang di rumah warga dan gedung balai desa," ujarnya.

Dengan seringnya sarana dan pra sarana alat posyandu mesti dipindah-pindah atau tidak tetap pada tempatnya, menyebabkan alat itu rentan rusak dan hal ini berdampak pada pelayanan seperti kurang akuratnya penimbangan bobot bayi.

Karena itu, menurutnya, pemenuhan keberadaan kantor posyandu di Lampura menjadi persoalan penting yang harus direalisasikan. "Dengan seringnya berpindah lokasi, fasilitas posyandu seperti alat timbang dan mebel rentan rusak," kata Daning.

Dia mengaku jika posyandu memiliki unit gedung sendiri, kesadaran masyarakat aktif berkunjung posyandu sebagai pusat layanan kesehatan ibu dan anak, layanan keluarga berencana, imunisasi, maupun peningkatan gizi keluarga sangat dibutuhkan.

"Posyandu merupakan ujung tombak layanan kesehatan bagi masyarakat, karena itu memiliki unit gedung tersendiri dan kesadaran serta partisipasi warganya sangat diharapkan," kata Daning menambahkan.

Sumber : https://goo.gl/6Qj1pE

0 komentar:

Posting Komentar